Tata Cara Menguburkan Jenazah Dengan Baik Dan Benar

Melakukan pengurusan pemakaman tentu bukan lagi hal asing. Terlebih saat ini berita yang menyebarkan adanya orang yang meninggal juga hampir setiap hari didengar. Karena hal tersebut lah kita juga harus tahu bagaimana tata cara melakukan penguburan jenazah secara benar. Jika telah memiliki pengetahuan ini maka secara tidak langsung akan bisa membantu jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Proses atau tahapan yang harus dilakukan untuk melakukan penguburan sendiri ada beberapa tahapan. Walaupun sudah sangat umum akan tetapi dengan sedikit pengetahuan yang lebih banyak akan mempermudah kita untuk mendapat apa yang diperlukan. Tahapan yang jelas akan membuat pengguna dapat langsung menikmati hasil tepat sesuai dengan rukun yang ada. Namun sebelum melakukan proses penguburan ini ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan kaidah Islam yang ada.

Hal-Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Melakukan Proses Pemakaman

Pemakaman tak hanya dilakukan dengan memasukkan keranda jenazah lalu dikubur saja. Ada tahapan penting yang perlu untuk diperhatikan. Karena perlu untuk menyamakan persepsi maka yang paling pertama harus dilakukan adalah memandikan jenazah. Proses memandikan jenazah ini sendiri juga sesuai dengan ketentuan yang ada. Jenazah perempuan dan laki-laki Anna dibedakan dalam proses ini. Saat memandikan jenazah sendiri, ada hal khusus yang perlu untuk diperhatikan. Yang pertama adalah yang akan memandikan jenazah harus lebih dulu mengetahui bagaimana tahapan yang harus dilakukan. Setiap tahapannya akan sesuai dengan ketentuan dan juga rukun memandikan jenazah. Niat untuk membersihkan jenazah ini juga sesuai dengan jenis kelamin yang dimiliki oleh jenasah. Proses ini sendiri harus dilakukan dengan teliti karena akan mempengaruhi kebersihan dari si jenazah itu sendiri. Apabila telah menyelesaikan proses maka tinggal menutup jenazah.

Proses yang selanjutnya adalah menutup aurat jenazah. Aurat memang hal yang perlu untuk ditutup dalam setiap waktu. Begitu pula jika ingin melakukan pemakaman. Jenazah yang sudah selesai dimandikan bisa langsung dikafani untuk proses penutupan aurat. Untuk proses yang satu ini, harus sesuai dengan persyaratan dan kaidah yang ada. Oleh sebab itu lah harus dilakukan oleh pihak-pihak yang memang telah paham dan mengerti bagaimana cara yang tepat untuk melakukan hal tersebut aurat jenazah harus ditutup mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala. Jangan sampai ada yang terbuka atau tidak tertutup sebab akan mempengaruhi sah atau tidak jenazah ini dimakamkan. Apabila semua proses telah selesai maka tinggal mulai pemakaman. Jenazah bisa langsung dikebumikan di liang lahat yang sudah lebih dulu dipersiapkan di pemakaman. Setelah itu baru lah jenazah dapat dimakamkan dengan baik.

Ketentuan Menguburkan Jenazah Di Tempat Pemakaman Umum

Saat akan melakukan proses penguburan ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Yang pertama adalah tempat untuk melakukan pemakaman. Ada tempat khusus yang harus digunakan untuk melakukan penguburan ini. Jangan sampai melakukan penguburan di tempat yang tidak semestinya. Selain itu, saat akan melakukan penggalian lubang liang makam, pihak penggalian tidak boleh melakukan galian di atas makam yang lain. Jika hal tersebut tidak sengaja dilakukan maka harus kembali diperbaiki dan membuka galian baru. Selain itu, untuk tempat pemakaman sendiri tidak boleh dicoret dengan kapur atau apapun. Hal tersebut yang akan membantu proses untuk menyesuaikan dengan syariat agama. Proses akan lebih baik jika sesuai dengan ketentuan yang ada.

Tata Cara Menguburkan Jenazah Dengan Baik Dan Benar
Kembali ke Atas