Tanaman Hias Batang

Keindahan yang umum ditonjolkan oleh tanaman hias adalah bentuk dan warna daun maupun bunganya. Namun, ada juga tanaman hias yang menjadikan batangnya sebagai daya tarik utama. Berikut adalah tanaman hias batang yang dapat dijadikan koleksi.

Koleksi Tanaman Hias Batang

  1. Pakis haji

Pakis haji atau mawar jambe adalah tanaman hias dengan nama ilmiah Cycas revoluta thaunb. Tanaman hias ini memiliki batang yang besar namun pendek, sementara daunnya tumbuh melingkar di atasnya menyerupai mahkota.

Batang tanaman hias ini berwarna cokelat dan kokoh serta memiliki tekstur yang unik, yaitu kasar dan timbul.

Pakis haji dapat ditanam di halaman rumah secara langsung maupun menggunakan pot. Namun, karena tanaman ini dapat tumbuh lebat dan tinggi, Anda akan perlu melakukan repoting atau penggantian pot ketika pot mulai terasa sesak.

  1. Bambu air

Seperti namanya, bambu air adalah jenis tanaman hias yang mampu tumbuh dalam genangan. Meski dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 3 meter, tanaman hias ini tumbuh bergerombol dan diameternya kecil. Oleh karena itulah bambu air dapat ditanam sekalipun di halaman rumah yang sempit.

Batangnya yang berwarna hijau tua dan beruas-ruas menjadi salah satu daya tarik bambu air. Meski begitu, tanaman hias ini juga memiliki daun-daun kecil yang tumbuh pada ruas batangnya.

Bambu air memiliki beberapa jenis, yaitu bambu air hijau dan bambu air belang hijau putih. Keduanya merupakan tanaman hias yang dapat Anda tanam di halaman rumah untuk dekorasi.

  1. Bambu kuning

Ciri khas dari bambu kuning adalah tanaman hias yang satu ini memiliki batang yang berwarna kuning. Bambu kuning dapat ditanam di halaman rumah misalnya di samping dinding pembatas rumah secara berjejer.

Untuk menonjolkan warna kuning pada batangnya, Anda dapat mengecat dinding pembatas rumah dengan warna hitam atau warna gelap. Dengan begitu, warna kuning pada batang tanaman ini menjadi lebih menonjol.

Bambu kuning memiliki batang yang ramping sehingga Anda tidak perlu khawatir akan memenuhi halaman rumah Anda dengan tanaman ini.

  1. Palem merah

Palem merah adalah jenis tanaman hias dari keluarga palem-paleman yang batangnya berwarna merah cerah. Karena termasuk dalam keluarga palem, tanaman hias ini dapat tumbuh tinggi dan lebat.

Palem merah dapat ditanam di dalam pot, tetapi tanaman hias ini lebih direkomendasikan untuk ditanam langsung di halaman rumah secara bergerombol. Dengan begitu, warna merah pada batangnya akan lebih mencolok dan tampak lebih indah.

  1. Pandan bali

Pandan bali adalah sebutan untuk tanaman hias dengan nama ilmiah Cordyline australis. Tanaman hias ini memiliki daun yang lebat dan berwarna hijau tua. Namun, daya tarik utama pada tanaman hias ini adalah bentuk batangnya yang panjang dan tampak bertekstur.

Meski disebut pandan, daun pandan bali tidak seperti daun pandan yang tebal dan berduri. Daun tanaman hias ini justru tipis dan halus. Pandan bali memang berfungsi sebagai tanaman hias, tetapi tanaman ini juga mampu menyaring udara sehingga udara di sekitarnya menjadi lebih bersih.

Tanaman hias batang memiliki pesonanya sendiri dibanding tanaman hias daun atau tanaman hias bunga. Namun, koleksi tanaman hias Anda akan menjadi lebih lengkap dengan anggrek cattleya yang berbunga besar.

Pasalnya, tanaman hias anggrek cattleya yang berasal dari keluarga anggrek menawarkan keindahan bunga dalam berbagai bentuk dan juga warna.

Tanaman Hias Batang
Kembali ke Atas