Pengertian Akhlak

Asal kata akhlak itu dari bahasa arab “Al khulk” artinya tabiat, perangai, tingkah laku, kebiasaan serta kelakuan. Akhlak itu haruslah dilakukan secara berulang kali tidak hanya sekali saja dalam melakukan hal yang baik.

Pengertian Akhlak Menurut Para Ahli Dalam Islam

1. Menurut Ibnu Maskawaih

Akhlak yaitu “hal li nnafsi daa’iyatun lahaa ila afaaliha min ghoiri fikrin walaa ruwiyatin.”,ini menurut Ibnu Maskawaih

Ibnu Maskawih menyatakan bahwa akhlak itu merupakan sifat yang tertanam di dalam jiwa seseorang, yang akan mendorongnya sehingga berbuat tanpa memerlukan pemikiran serta pertimbangan.

2. Menurut Abu HAmid Al Ghazali

Akhlak merupakan sifat yang terpatri di dalam jiwa seseorang yang darinya terlahir perbuatan yang dilakukan dengan sering dan mudah. Perbuatan tersebut dilakukan tanpa memikirkan dirinya dan tanpa direnungan terlebih dahulu.

3. Menurut Ahmad bin Mushthafa

Akhlak adalah sebuah ilmu yang darinya kita bisa mengetahui jenis-jenis keutamaan. Terwujudnya keseimbangan antara tiga kekuatan yaitu kekuatan untuk berpikir, marah, syahwat dan nafsu hal itu yang termasuk didalam jenis keutamaannya.

4. Menurut Muhammad bin Ali Asy Syariif Al Jurjuni

Ia mengartikan bahwa akhlak itu adalah sesuatu yang sifatnya tertanam kuat di dalam diri manusia. Darinyalah akan terlahir perbuatan dengan mudah dan ringan tanpa melakukan pikir panjang dan direnungkan.

Di islam sendiri terdapat sumber ahklak Islamiyah yaitu Alquran dan As-Sunnah. Demikian pengertian singkat mengenai akhlak dari beberapa para ahli dalam Islam.

Pengertian Akhlak
Kembali ke Atas