Mengulik 3 Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Yang penuh tantangan

Indonesia yang kaya akan keindahan alamnya tak akan lepas dari bentangan gunung cantik. Salah satunya adalah Gunung Gede Pangrango Jawa Barat yang kerap jadi sasaran hikers. Untuk mencapai puncaknya sendiri, pendaki punya tiga jalur yang berbeda. Setiap jalurnya punya nilai dan tantangan tersendiri, berikut ulasannya.

Jalur Pendakian Yang Bisa Dipilih

  1. Melewati Selabintana Sukabumi

Jalur ini dinilai sebagai pilihan yang sangat menantang. Tidak hanya dari medannya yang keras, jarak tempuh perjalanannya pun yang paling jauh (9-12 jam). Bahkan, pendaki harus melewati sungai dan hutan yang mana tempat hidup binatang liar. Salah satunya adalah pacet atau sejenis lintah penghisap darah.

  1. Pendakian Dari Gunung Putri

Sedikit lebih mudah dari Selabintana, jalur ini bisa ditempuh sekitar 6-8 jam saja. meski demikian, medan yang dilalui cukup terjal karena geografi yang berbentuk trek curam di tengah hutan tropis. Meski demikian, hutan pinus di bawah nama KPH Perhutani Cianjur ini pula yang jadi daya tariknya.

  1. Melalui Cibodas

Memiliki jarak tempuh sekitar 7-10 jam, adalah yang paling populer. Terdapat banyak pos dan juga pemandangan hutan hujan tropis yang cantik. Beberapa diantaranya adalah rawa Gayonggong, telaga biru, air terjun panca weuleuh, dll.

Apapun pilihan jalur yang mau Anda pilih, pastikan untuk melakukan preparasi dengan baik. Entah itu dari kondisi tubuh, prakiraan cuaca, hingga ketersediaan perbekalan. Hal ini karena tidak ada yang mudah di setiap jalur pendakian ke puncak Pangrango.

Mengulik 3 Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Yang penuh tantangan
Kembali ke Atas