Bahan Simpel untuk Membuat Panel Surya Mini

Salah satu cara anda menyelamatkan bumi yaitu dengan memakai panel surya, sebab pada dasarnya pembangkit listrik konvensional kurang ramah pada lingkungan dan bahan baku seperti energi fosil kini semakin langka untuk didapat. Maka dari itu, sebaiknya anda beralih dengan panel surya skala besar atau mini. Berikut ini bahan simpel untuk membuat panel surya mini untuk anda.

Mengenal Solar Cell Mini

Solar cell adalah salah satu sumber energi alternatif yang bisa merubah cahaya matahari menjadi listrik untuk digunakan dalam kebutuhan sehari-hari. Perlu anda tahu, bahwa panel surya ini tidak hanya tersedia dalam ukuran besar, namun ada juga yang mini. Umumnya panel surya yang berukuran mini ini dimanfaatkan untuk memberikan energi pada baterai ponsel, lampu jalan, dan menonton tv.

Selain kebutuhan diatas, solar cell mini juga bisa berguna untuk kegiatan sekolah sepert alat peraga, kegiatan laboratorium dan banyak lainnya. Sedangkan untuk ukurannya sendiri, kira-kira per bijinya ukuran kurang lebih sekitar 11 x 6 x0,25 cm. Walaupun dengan ukuran yang kecil, namun ia mampu menghasilkan tegangan maksimal sekitar 6 volt, arus 0 hingga 200 mA, dan juga daya kurang lebih 1 watt.

Cara Membuat dengan Aki Bekas

Cara membuat solar cell mini kini anda bisa memanfaatkan dengan aki bekas. Sebelumnya sudah pernah ada yang mempraktikkan dengan memakai kaleng bekas. Namun seiring perkembangan zaman, kaleng kurang efektif digunakan untuk bahan pembuatan surya cell. Sehingga sekarang banyak yang lebih merekomendasikan menggunakan aki bekas.

Dikabarkan dengan menggunakan alat aki yang sudah tidak terpakai ini mampu meningkatkan nilai efisiensi dalam penggunaan sinar matahari. Trik dalam membuat panel surya ini dengan menggunakan aki ini belum banyak diketahui oleh banyak orang, sama halnya dengan cara membuat surya cell dari alat transistor.

Selain lebih hemat, penggunaan aki untuk panel surya juga bagus untuk kegiatan daur ulang sampah kendaraan seperti aku. Maka dari itu dengan memakai bahan tersebut secara tidak langsung anda juga ikut terlibat dalam mengatasi penumpukan sampah otomotif yang ada di lingkungan sekitar.

Manfaat yang Didapatkan

Manfaat yang nanti bakal anda dapatkan jika membuat pembangkit listrik tenaga surya ialah bisa membikin lampu tenaga surya untuk digunakan pada malam hari. Misalnya penerangan jalan umum atau JPU. Sebab fasilitas umum tersebut kini sudah banyak yang memanfaatkan mini solar panel. Itu dilakukan karena melihat manfaat kedepannya yang lebih menjanjikan.

Dengan solar cell mini dengan kapasitas sekitar 100 wp, juga mampu mencukupi kebutuhan listrik untuk penerangan dan kegiatan rumah tangga yang ukurannya kurang terlalu besar. Namun jika di wilayah anda sering terjadi pemadaman, maka jangan ragu untuk mencoba memepertimbangkan penggunaan Pembambgkit Listrik Tenaga Surya mini ini.

Hadirnya panel surya mini ini juga sangat berperan untuk penerangan di area perkebunan ataupun kebutuhan lainnya. Dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga surya mini di area perkebunan akan terkesan lebih praktis karena tidak perlu repot-repot untuk menyambungkan kabel yang sangat panjang. Anda hanya perlu mencari area yang terkena sinar matahari langsung.

Kesimpulannya bahwa panel surya dengan ukuran mini juga bisa anda buat dari bahan bekas. Mulai dari kaleng bekas, transistor hingga aki yang sudah tidak terpakai. Untuk ukuran mini biasanya memiliki ukuran sekitar 11 x 6 x 0,25 cm. Dan ia mampu menghasilkan tegangan maksimal sekitar 6 volt, arus 0 hingga 200 nA, dan juga daya kurang lebih 1 watt.

Bahan Simpel untuk Membuat Panel Surya Mini
Kembali ke Atas