Cara Tanda Tangan Di Word Untuk Legitimasi Dokumen

Masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara tanda tangan di word. Padahal, langkahnya sangat simpel.

Membubuhkan tanda tangan ke dalam dokumen terkadang dibutuhkan. Khususnya ketika dokumennya termasuk penting. Contohnya berisi tentang perjanjian.

Keberadaan dari tanda tangan memungkinkan dokumen dinilai resmi. Setidaknya, ada orang yang bertanggung jawab terkait pihak yang melakukan perjanjian.

Dokumen yang sudah ditandatangani nantinya bisa langsung dikirimkan melalui email. Tentunya, kesannya tetap resmi sehingga bisa dijadikan bukti yang kuat di mata hukum.

Bagi Anda yang menginginkannya namun bingung bagaimana cara membuatnya, Anda tepat berada di sini. Karena, Kami akan membagikan tentang cara tanda tangan di word yang paling mudah. Berikut ini langkahnya.

Buat Tanda Tangan

Langkah paling mendasar ialah membuat tanda tangan terlebih dahulu. Hasilnya bisa disimpan dalam komputer. Jadinya, Anda bisa menggunakannya kapan pun dibutuhkan.

Pembuatannya memanfaatkan layanan online. Di sini, Anda bisa memanfaatkan docsketch.com.

Layanan ini termasuk yang paling sering digunakan untuk membuat tanda tangan digital. Anda tinggal daftar terlebih dahulu. Baru dilanjutkan dengan membuat tanda tangan.

Asumsinya, Anda sudah melakukan pendaftaran. Cukup login ke akun yang sudah dibuat di layanan tersebut.

Setelah itu, pilihlah fitur Draw Signature. Di sinilah Anda dapat membuatnya sesuai keinginan.

Anda bisa mengulanginya hingga menghapusnya bila masih kurang sesuai. Tetapi bila sudah sesuai, tinggal simpan hasilnya.

Di sini, pastikan pula untuk menentukan warna dari tanda tangan. Barulah simpan lantaran pengerjaannya telah selesai.

Kemudian, jangan unduh dahulu. Anda masih perlu melakukan pengaturan. Yakni dengan menggeser opsi untuk mendapatkan tanda tangan yang bebas dari latarbelakang.

Cukup geser ke posisi Transparent Background. Dengan begitu, tanda tangan ini akan bebas dari latar yang berwarna.

Setelah itu, Anda bisa mengunduhnya. Hasilnya bisa Anda simpan di tempat yang diinginkan. Karena, tanda tangan ini bisa terus digunakan selagi Anda memerlukannya untuk melegitimasi sebuah dokumen.

Masukkan Tanda Tangan dalam Dokumen

Tahapan selanjutnya ialah memasukkan tanda tangan ini ke dalam dokumen yang ingin disahkan. Caranya pun sangat sederhana.

Langkahnya diawali dengan membuka terlebih dahulu dokumen di Word. Lantas, arahkan kursor persis di tempat kosong yang ingin dibubuhi tanda tangan.

Normalnya, letaknya persis di bagian terbawah dari dokumen. Peletakannya bisa di bagian kiri atau kanan. Jadi, sesuaikan saja dengan yang diharapkan.

Setelah itu, tekan menu Insert. Barulah, tekan menu Pictures. Di sini, Anda diminta untuk memasukkan file gambar.

Carilah file tanda tangan yang sebelumnya telah diunduh. Jika sudah menemukannya, sorot dan tekan OK. Maka, file tersebut akan tampil persis di halaman Microsoft Word.

Atur Ukuran Tanda Tangan Digital

Ketika Anda memasukkan gambar ke dalam Word, gambar ini akan tampil dengan ukuran yang cukup besar. Oleh karenanya, Anda perlu mengaturnya agar sesuai.

Anda dapat mengatur besar kecilnya ukuran dengan menyeretnya menjadi lebih kecil. Supaya bentuknya tidak berubah meskipun telah diperkecil, pastikan untuk menekan tombol Shift saat memperkecil.

Langkahnya ialah dengan klik gambar. Kemudian, tekan Shift dan perkecil gambar dengan memanfaatkan mouse.

Setelah itu, Anda tinggal mengatur peletakan dari tanda tangan tersebut. Yakni usahakan agar tidak menutupi teks yang ditimpa dengan tanda tangan.

Pengaturannya dilakukan dengan klik kanan pada gambar tersebut. Ketika muncul jendela berisi beberapa menu, silahkan sorot pada menu Wrap Text. Kemudian, klik pada menu Behind Text.

Hasilnya, tanda tangan ini akan berada persis di belakang teks. Dan teks yang berisi nama orang tetap bisa dibaca dengan jelas.

Nah, cara tanda tangan di word ini merupakan opsi paling simpel. Tetapi bila ingin menggunakan metode langsung di Words, Anda bisa menengok caranya yang dibagikan di situs neotekno.

Cara Tanda Tangan Di Word Untuk Legitimasi Dokumen
Kembali ke Atas