2 Prasasti Peninggalan Kerajaan Budha di Kota Semarang

Semarang pada zaman dahulu menjadi salah satu kota dengan berbagai macam peradaban yang sudah maju pada masa kerajaan Mataram Kuno. Ini berlangsung pada abad ke 7-9 sehingga tidak heran jika ada banyak sekali berbagai macam situs peninggalan sejarah masa kerajaan di kota ini.

Ada beberapa jenis peninggalan sejarah yang masih eksis hingga saat ini misalnya saja Candi Hindu abad IX di daerah Mijen, Watu Tugu yang berada di kecamatan Tugu, Situs Klentengsari yang berada di Banyumanik, pemakaman kuno yang ditemukan di daerah Pleburan Semarang Tengah.  Selain itu masih ada beberapa peninggalan bersejarah lainnya, yaitu

  1. Situs Watu Umpak

Situs Watu Umpak merupakan sebuah situs yang berupa bangunan candi yang biasannya digunakan untuk tempat pemujaan. Tidak jauh dari sini terdapat makam Kiai Sukolilo dan di sana terdapat watu lumpang yang terbalik.

  1. Prasasti Gunung Ungaran

Prasasti Gunung Ungaran adalah sebuah prasasti yang berada di Gunung Ungaran Semarang Jawa Tengah. Prasasti adalah peninggalan zaman kerajaan Hindu – Budha sekitar abad ke –14 masehi. Prasasti ini ditemukan terpahat pada sebuah batuan andesit. Prasasti ini berada di perbatasan Kendal dan Semarang.

Jika dilihat, prasasti ini menggunakan huruf jawa kuno yang bertuliskan angka 1373 saka. Tulisan tersebut mengisyaratkan jika prasasti itu sudah ada sejak 1451 masehi yang lalu.

2 Prasasti Peninggalan Kerajaan Budha di Kota Semarang
Kembali ke Atas